Oleh: M Arif Romadoni | 13/03/2011

‘Ujian Nasional Tetap Gunakan Pengawas Silang’

 ‘Ujian Nasional Tetap Gunakan Pengawas Silang’ 

 MEDAN – Pelaksanaan ujian nasional tahun 2011 ini tetap menggunakan pengawas silang, yakni guru di suatu sekolah tidak diperkenankan menjadi pengawas di sekolahnya sendiri melainkan harus menjadi pengawas di sekolah lain. Ketua Panitia Ujian Nasional (UN) Dinas Pendidikan Sumatera Utara, Ilyas Sitorus, di Medan, Minggu (13/3), mengatakan, sama seperti pelaksanaan ujian tahun -tahun sebelumnya, pengawas UN tetap menggunakan sistem silang.

Ini dilakukan demi menghindari adanya tindakan kecurangan yang dilakukan siswa bekerja sama dengan guru dalam mengerjakan soal-soal ujian. Pengawas silang ini juga sesuai dengan standar yang pusat dalam pelaksanaan UN. “Pengawas silang ini bentuknya seperti, guru dari sekolah A akan mengawas di sekolah B, guru sekolah B akan mengawas di skeolah C dan guru dari sekolah C akan mengawas di sekolah D dan begitu seterusnya. Dengan demikian diharapkan tidak akan ada kerja sama antarsekolah membantu siswa mengerjakan soal-soal ujian,” katanya. Dalam kesempatan itu ia juga mengatakan pihaknya optimistis pelaksanaan UN 2011 ini dapat terlaksana dengan aman, tertib dan lancar.

 Selain itu pihaknya juga yakin tingkat kelulusan tahun ini jauh lebih baik dari tahun sebelumnya. Ia mengatakan demi lancarnya pelaksanaan UN di Sumut, pihaknya telah melaksanakan beberapa persiapan, mengingat pelaksanaan yang sudah akan dilaksanakan 18 April 2011 mendatang. Beberapa langkah yang telah dilaksanakan, seperti melakukan pendataan calon peserta UN dengan sistem ‘online’ atau daring. Kemudian melakukan pendataan sekolah yang memiliki kelas tertinggi, pendataan sekolah penyelenggara, pendataan calon guru dan pengawas ruang.

 “Semuanya akan dilaksanakan dengan mengedepankan sistem silang murni antarsekolah antarmadrasah. Agar persiapan itu dapat terlaksana seperti yang diharapkan, diimbau kepada seluruh kepala sekolah untuk mempersiapkan serta melakukan pembekalan secara serius, terutama kepada para siswa yang akan mengikuti UN,” katanya. Tahun ini jumlah peserta UN di Sumut, akan diikuti sebanyak 714.603 peserta yang terdiri dari tingkat SMP sederajat sebanyak 248.564 siswa dan SMA/MA sebanyak 118.145 serta SMK 68.183.

Sedangkan untuk tingkat SD/MI/SDLB sebanyak 279.710 peserta.

Sementara sekolah yang menjadi penyelenggara UN sebanyak 13.275 sekolah yang terdiri dari:

SMA/MA sebanyak 1.152, SMK (616),

SMP sederajat 2.594,

SD sederajat 8.913.

Sedangkan sekolah yang harus bergabung dalam melaksanakan UN yakni SMA/MA 177, SMK (47), SMP sederajat 349, SD sederajat 759. Sedangkan, jadwal pelaksanaan UN tingkat SMA/MA/SMK dan SMALB dilaksanakan pada 18-21 April 2011. Sedangkan pelaksanaan UN tingkat SMP/MTs dan SMPLB 25-28 April 2011 dan untuk pelaksanaan UASBN SD/MI/SDLB pada 9-11 Mei 2011.

Sumber: Antara

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: