Oleh: M Arif Romadoni | 24/04/2011

10 Pertanyaan untuk Guru Kreatif

PEGAWAI NEGERI SIPIL

Untuk mendownload Kode Etik PNS Selengkapnya KLIK DISINI

Untuk mendownload PP 53 tahun 2010 tentang Peraturan Disiplin Baru PNS Klik Disini

Untuk Mendownload Angka Kredit Guru KLIK DISINI

Untuk Mendownload Beban Mengajar Wajib Guru KLIK DISINI

Untuk Mendownload Kode Etik Guru KLIK DISINI

Untuk Mendownload Soal CPNS Lengkap KLIK DISINI

PENDIDIKAN KARAKTER

Untuk Mendownload RPP Pendidikan Karakter KLIK DISINI

Untuk mendownload RPP PENDIDIKAN KARAKTER Klik Disini

Untuk Mendownload Buku Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter KLIK DISINI

Untuk Mendownload Langkah Pembelajaran RPP Pendidikan Karakter KLIK DISINI

Untuk Mendownload Konsep Pendidikan Karakter KLIK DISINI

BIMBINGAN KONSELING / BIMBINGAN PENYULUHAN

Untuk Mendownload Kode Etik BK  KLIK DISINI

WEB BROWSER NUPTK

Untuk mendownload Web Browser NUPTK  KLIK DISINI

PRAMUKA

Untuk mendownload UU PRAMUKA  Klik Disini

Untuk mendownload PENJELASAN UU PRAMUKA Klik Disini

Untuk Download UU No.12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka KLIK DISINI

Untuk Download Penjelasan UU No.12 Tahun 2010  KLIK DISINI

Untuk Download Prinsip Dasar Kepramukaan KLIK DISINI

Untuk Download Motto Gerakan Pramuka KLIK DISINI

Untuk Download Penjelasan Dasa Darma KLIK DISINI

Untuk Download Strategi Gerakan Pramuka KLIK DISINI

Untuk Download Visi Gerakan Pramuka  KLIK DISINI

Untuk Download Kode Kehormatan KLIK DISINI

Untuk Download  Kiasan KLIK DISINI

Untuk Download Ambalan dan Racana KLIK DISINI

Untuk Mendownload  Sejarah Kepramukaan di Indonesia KLIK DISINI

BAHAN AJAR

Untuk mendownload Bahan Ajar B.Inggris KLIK DISINI

Untuk mendownload Bahan Ajar Biologi KLIK DISINI

Untuk mendownload Bahan Ajar PKn KLIK DISINI

Untuk mendownload Bahan Ajar TIK KLIK DISINI

Untuk mendownload Bahan Ajar Fisika KLIK DISINI

Untuk Mendownload Bahan Ajar KLIK DISINI

PERANGKAT PEMBELAJARAN

Untuk Mendownload SILABUS KLIK DISINI

Untuk Mendownload RPP KLIK DISINI

Untuk Mendownload SK KD KLIK DISINI

PERMENDIKNAS

Untuk Mendownload Lampiran Permen No 24/2007 Sarana Prasarana KLIK DISINI

Untuk Mendownload Kerangka dan Isi Kurikulum KLIK DISINI

Untuk Mendownload Permendiknas 24 2007 Standar Sarana Prasarana KLIK DISINI

Untuk Mendownload Permendiknas 22 Tahun 2006 Standar Isi Dikdasmen KLIK DISINI

Untuk Mendownload Permendiknas 20Tahun 2007 Standar Penilaian KLIK DISINI

Untuk Mendownload Permendiknas 23 Tahun 2006 SKL Dikdasmen KLIK DISINI

HUT PGRI

Download Tertib Upacara HUT PGRI Klik disini

Download KERANGKA ACUAN HUT PGRI Klik Disini

Download SAMBUTAN KETUM PGRI TENTANG HUT PGRI Klik Disini

Download Contoh DOA UPACARA HUT PGRI Klik Disini

Download SEJARAH PGRI Klik Disini

Download Sejarah HUT Guru di Berbagai Negara Klik disini

LAIN-LAIN

Untuk Mendownload Hikmah Sholat Tarawih KLIK DISINI

MP3 TERBARU

Untuk Mendownload MP3 Terbaru KLIK DISINI

KODE ETIK JURNALISTIK

Untuk Mendownload Kode Etik Jurnalistik KLIK DISINI

Conny R Semiawan: Sepuluh Pertanyaan untuk Guru Kreatif

Dalam Pembelajaran Biasanya, guru tidak pernah melakukan refleksi dan review diri melalui berbagai pertanyaan yang dapat memandu. Guru, habis mengajar ya sudah langsung aktivitas yang lainnya. Padahal, untuk menghadapi peserta didik berbakat, sedikitnya Anda sebagai guru memiliki 10 cara penilaian secara bermutu, apakah pembelajaran kreativitas sudah Anda lakukan di dalam kelas?

Dalam buku yang ditulisnya berjudul Kreativitas Keberbakatan: Mengapa, Apa, dan Bagaimana, Guru Besar Tetap Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Conny R Semiawan menuturkan 10 jenis penilaian tersebut. Simak kisi-kisinya!

1. Perumusan masalah aktivitas guru

Sudahkah Anda sebagai guru benar-benar membantu siswa melihat aspek tertentu berbeda dengan cara yang lazim terjadi di kelas? Banyak cara atau sudut pandang yang bisa didapatkan siswa dari setiap pembelajaran yang Anda berikan.

2. Analisis ide

Sudahkah Anda membantu siswa secara kritis memahami kekuatan dan kelemahan dari ide-ide mereka?

3. Menjual ide

Sudahkah Anda membantu siswa menjelaskan, melindungi, dan meningkatkan setiap ide yang diyakini oleh mereka?

4. Pengendalian isu

Ibarat pedang bersisi ganda, Anda harus membantu siswa mempersiapkan diri bahwa teori-teori Anda memiliki rentangan yang terbatas tentang kebenaran. Artinya, Anda harus memancing peserta didik mencari kebenaran melalui cara pandang mereka.

5. Menghadang kendala

Anda harus membantu siswa agar selalu sadar bahwa tidak semua pendapatnya bisa diterima oleh orang lain.

6. Berani ambil risiko

Anda harus bisa membantu meyakinkan siswa untuk selalu sadar dan siap bahwa setiap kreativitas selalu mengandung risiko.

7. Keinginan tumbuh kembang

Sudahkah Anda membuat siswa berani menantang dirinya sendiri?

8. Percaya diri

Sudahkah Anda membangun kepercayaan diri siswa dengan memberinya tugas yang berat, lalu membuat perencanaan bersama dengan mereka untuk mengatasinya?

9. Toleransi

Sudahkah Anda membantu siswa untuk selalu bisa menghormati pendapat orang lain dan “akibat” yang akan mereka terima dengan menghormati pendapat orang lain, seperti perasaan menyesal atau kecewa karena merasa belum bisa menerima kenyataan?

10. Menyayangi

Sudahkah Anda bisa membuat siswa menghargai segala hal yang telah dilakukannya?dan, sudahkah Anda menunjukkan bahwa anak didik Anda bisa berhasil dalam bidang tertentu, yang berbeda dari bidang yang sedang digelutinya di dalam kelas?

(Sumber: Kompas.com:LTF/Editor: latief) Diposkan oleh Dr. suyatno, M.Pd

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: