Oleh: M Arif Romadoni | 17/02/2012

Ujian Kompetensi Guru Belum Jelas

REPUBLIKA.CO.ID, SAMPIT, KALTENG – Jadwal pelaksanaan ujian kompetensi sertifikasi guru tahun 2012 Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng) hingga sekarang belum jelas, kata Ketua Persatuan Guru RI (PGRI) Muhammad Yusuf.

“Sampai sekarang kami masih menunggu petunjuk dari provinsi Kalteng mengenai pelaksanaan ujian kompetensi dan petunjuk teknisnya,” katanya di Sampit, Kamis (16/2).

Ujian kompetensi guru untuk meningkatkan kualitas tenaga pengajar yang ditandai dengan sertifikasi dan rencananya akan diikuti ratusan guru dari Kabupaten Kotawaringin Timur.

Berdasarkan data di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Kotim sebanyak 616 orang guru yang diajukan mengikuti ujian kompetensi tersebut.

Ratusan tenaga pengajar yang telah diajukan untuk mengikuti ujian kompetensi tersebut kini masih menunggu petunjuk dari provinsi mengenai tanggal pasti pelaksanaan dan petunjuk teknisnya.

Menurut Yusuf, jumlah keseluruhan tenaga pengajar bersatatus pegawai negeri sipil (PNS) di Kotim sebanyak 3.113 orang, dan sekitar 2.000 di antaranya belum mengikuti ujian kompetensi.

“Apabila ke-616 orang yang telah diajukan untuk mengikuti ujian kompetensi itu nantinya disetujui, maka setidaknya sudah separuh dari total guru PNS di Kotim sudah bersertifikasi,” katanya.

Setiap tenaga pengajar diwajibkan mengikuti ujian kompetensi atau sertifikasi sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SMD) guru, termasuk di Kotim.

“Untuk mengetahui kepastian jadwal ujian kompetensi itu kami sudah mengutus staf untuk mencari informasi kapan ujian tersebut dilaksanakan, termasuk bagaimana teknisnya,” jelasnya.

Sebelumnya diinformasikan ujian kompetensi pada 25 Februari 2012, tetapi petunjuk resminya belum ada, termasuk apakah 616 orang tenaga pengajar yang diajukan bisa ikut semua atau tidak, katanya.

PENDIDIKAN KARAKTER

Download RPP Pendidikan Karakter KLIK DISINI

Download RPP PENDIDIKAN KARAKTER Klik Disini

Download Buku Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter KLIK DISINI

Download Langkah Pembelajaran RPP Pendidikan Karakter KLIK DISINI

Download Konsep Pendidikan Karakter KLIK DISINI

PERANGKAT PEMBELAJARAN

Untuk Mendownload SILABUS KLIK DISINI

Untuk Mendownload RPP KLIK DISINI

Untuk Mendownload SK KD KLIK DISINI

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: