Oleh: M Arif Romadoni | 14/03/2012

Antisipasi Manipulasi, PTN Cermati Rapor Calon Mahasiswa

JAKARTA – Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di seluruh Indonesia sekarang ini harus lebih waspada dan berhati-hati dalam menerima calon mahasiswa melalui jalur undangan dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan  Tinggi Negeri (SNMPTN). Pasalnya, sudah menjadi rahasia umum bahwa kini marak manipulasi nilai agar siswa dapat diterima di PTN melalui jalur undangan.
Hal tersebut turut diakui Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Herry Suhardiyanto. Akan tetapi, IPB juga selalu memproteksi diri dari kecurangan dan bertindak lebih selektif dalam menjaring siswa yang masuk di dalam jalur undangan.”Ya memang harus diakui bahwa di dalam proses penerimaan jalur undangan itu ada oknum sekolah yang berupaya untuk memanipulasi data atau nilai siswa. Tapi bagaimanapun kita tetap selalu selektif dalam menjaring siswa,” ungkap Herry ketika dihubungi melalui telepon selularnya, Rabu (14/3).

Sekretaris Jenderal Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) ini menjelaskan, pihaknya bersama dengan tim-tim seleksi jalur undangan sudah berpengalaman untuk mendeteksi bentuk kecurangan oleh sekolah yang memanipulasi nilai siswa. Caranya, dengan mencermati nilai rapor siswa.

“Dengan fokus memperhatikan nilai siswa dari semester ke semester bisa dilihat. Jika memang ada kecurangan yang dilakukan oknum sekolah pasti kejanggalannya akan cepat terdeteksi,” tukasnya. (cha/jpnn)

Download RPP Pendidikan Karakter KLIK DISINI

Download RPP PENDIDIKAN KARAKTER Klik Disini

Download Buku Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter KLIK DISINI

Download Langkah Pembelajaran RPP Pendidikan Karakter KLIK DISINI

Download Konsep Pendidikan Karakter KLIK DISINI


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: