Oleh: M Arif Romadoni | 18/03/2012

Sekolah curang SNMPTN pasti terdeteksi

Semarang (ANTARA News) – Universitas Negeri Semarang dan Universitas Diponegoro Semarang memastikan sekolah yang berlaku curang pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) undangan akan terdeteksi.

“Sampai saat ini, kami memang belum menemukan ada sekolah yang melakukan kecurangan pada SNMPTN tahun ini. Tahun lalu kebetulan juga tidak kami temukan,” kata Ketua Panitia SNMPTN Undangan Unnes Suhadi di Semarang, Minggu.

Pihaknya sudah mengambil data pendaftar yang terkumpul di pusat pada Kamis (15/3), setelah itu akan diverifikasi ulang untuk menentukan pendaftar yang lolos dan tidak, disertai pengecekan ke lapangan untuk memastikan validitasnya.

Menurut dia, nilai-nilai yang dimanipulasi pasti akan segera terdeteksi sebab ada sistem yang segera menangkap jika ada kejanggalan-kejanggalan terhadap nilai. Setelah itu, katanya, akan dilanjutkan dengan survei ke lapangan.

“Nilai-nilai yang janggal akan terlihat oleh sistem, setelah itu kami kroscek ke sekolah yang bersangkutan untuk memastikan. Pihak sekolah tidak bisa lagi mengelak jika terbukti melakukan kecurangan,” kata Suhadi yang juga Pembantu Dekan I Fakultas Hukum Unnes itu.

Akan tetapi, kata dia, nilai yang dicurigai janggal belum tentu sengaja dimanipulasi sekolah, sebab bisa saja sekolah salah “input” data sehingga survei ke lapangan diperlukan untuk memastikan.

“Bisa jadi sekolah salah memasukkan data, namun itu biasanya salahnya satu-dua. Kalau salahnya banyak bisa dipastikan sekolah sengaja memanipulasi. Kalau sengaja ya sekolah berniat curang,” katanya.

Apabila ada sekolah yang terbukti curang, Suhadi mengatakan akan melaporkan kepada panitia pusat untuk diputuskan pemberian sanksinya, yakni “blacklist” (daftar hitam) yang diblokir tak bisa mendaftar SNMPTN undangan dalam waktu yang ditentukan.
(KR-ZLS/M029)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012

Sumber: http://www.antaranews.com

BADAI MATAHARI SELENGKAPNYA Download Disini

IMLEK DAN SEJARAHNYA download disini

ALZHEIMER DAN PENGERTIANNYA KLIK DISINI

VALENTINE’S DAY DAN SEJARAHNYA KLIK DISINI


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: