Oleh: M Arif Romadoni | 05/05/2012

Waduh, Israel Punya Kapal Selam Bersenjata Nuklir

TEL AVIV– Israel telah menerima informasi pengiriman kapal selam keempat buatan Jerman.  Kapal selam kelas Dolpin ini memiliki kemampuan membawa hulu ledak nuklir dengan jangkauan operasi sejauh 4.500 kilometer.

 

Kapal selam yang diberi nama INS Tannin ini telah dikirimkan kepada para pejabat Israel di Hamburg, Jerman pada Kamis (3/4) lalu. Kapal selam ini rencananya akan menjalani tes terakhir sebelum dikirim ke Israel pada 2013.

Menteri Urusan Militer Israel Ehud Barak mengatakan, kapal selam akan meningkatkan kemampuan dan kekuatan Tel Aviv dalam menghadapi tantangan regional. Israel telah memesan pada Jerman untuk kapal selam kelima, yang sudah diproduksi sejak 2006.

Kapal selam ini rencananya akan dikirim ke Tel Aviv pada 2014. Selain itu Jerman dan Israel juga telah menandatangani kontrak untuk pemesanan kapal selam keenam pada tahun ini. Rencananya kapal keenam akan dikirimkan pada 2016.

Tiga kapal selam Dolphin sebelumnya telah dikirim ke Israel pada 1998 dan 2000 lalu. Kapal selam pertama dan kedua dibiayai penuh oleh Jerman, sementara pada kapal ketiga Israel hanya perlu membayar setengah harga dan untuk kapal keempat Tel Aviv hanya membayar sepertiga bagian.

Israel adalah satu-satunya pemilik senjata nuklir di Timur Tengah. Israel tidak pernah mengizinkan inspeksi internasional dengan fasilitas nuklirnya. Selama ini Israel juga tak pernah bergabung dengan perjanjian Non Proliferasi, mengenai kebijakan ambiguitas nuklir.

 

Redaktur: Endah Hapsari
Reporter: Gita Amanda
Sumber: ap, REPUBLIKA.CO.ID,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: