Oleh: M Arif Romadoni | 22/05/2012

26 Mei pengumuman kelulusan Ujian Nasional SMA

Denpasar (ANTARA News) – Menjelang pengumuman kelulusan Ujian Nasional SMA, Dinas Pendidikan Provinsi Bali menyiapkan skenario penyampaian pada siswa agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali Anak Agung Ngurah Gede Sujaya mengatakan, hasil pelaksanaan ujian nasional (UN) untuk tingkat SMA di Pulau Dewata akan diumumkan pada Sabtu (26/5).

“Kami berharap sore tanggal 24 Mei sudah kami terima hasilnya dari pusat, sehingga paling lambat tanggal 25 pagi bisa dilakukan pengecekan. Siapa yang lulus dan tidak lulus serta yang terbaik di antara yang lulus itu,” katanya.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat pengumuman kelulusan, Sujaya sudah memberikan imbauan agar pihak sekolah terlebih dahulu melakukan pendekatan pada orang tua siswa dan juga siswa bersangkutan.

“Harapan kami, mereka bisa sembahyang bersama sebelum pengumuman kelulusan itu. Secara psikologis, dengan mereka menggunakan pakaian yang sopan dan bersembahyang akan terpengaruh untuk menghindari luapan rasa senang yang berlebihan dan tidak terkontrol,” ucapnya.

Sujaya menambahkan, memang selama ini berbagai sekolah di Bali sudah menggunakan berbagai cara untuk menghindari hal yang tidak diinginkan saat pengumuman kelulusan.

“Ada yang saat pengumuman dengan meminta para siswa menggunakan pakaian sembahyang dan ada juga pengumuman dikirimkan langsung pada orang tua. Ketika ternyata siswa tidak lulus, mereka akan disurati terlebih dahulu supaya anaknya tidak sampai mengamuk,” ucapnya.

Bagi siswa-siswi yang tidak lulus UN tahun ini, lanjut Sujaya, ada dua alternatif yang dapat ditempuh yakni jika mereka ingin mendapatkan ijazah SMA maka harus mengulang tahun depan, tetapi jika ingin mendapatkan ijazah kesetaraan, itu diberikan kesempatan untuk mengikuti kejar paket C.
(ANT)

 

Sumber: http://www.antaranews.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: