Oleh: M Arif Romadoni | 10/11/2012

November Rain = Banjir Dikampungku

Hujan datang, hatiku mulai khawatir apakah air akan masuk kerumahku? Apakah Barang kebutuhan sehari-hari masih tersedia di pasar dekat rumahku? Apakah akan terjadi banjir yang besar?. Pertanyaan inilah yang selalu terlintas dipikiranku ketika musim penghujan bulan November ini atau biasanya didaerah disebut “Musim Banjir”

Musim banjir itu artinya keadaan ini akan terjadi secara periodik dan tentu harus segera diatasi. Bila tidak sekarang, kapan lagi? Kita semua wajib memikirkan cara menanggulangi banjir. Bagaimanapun, hal itu adalah tanggung jawab bersama. Kita dan pemerintah harus mencari cara menanggulangi banjir meskipun sebenarnya cara tersebut sudah ada, kita tinggal merealisasikannya.

Berikut ini beberapa cara untuk menanggulangi/mencegah banjir :

1. Memfungsikan sungai dan selokan sebagaimana mestinya. Membersihkan selokan atau parit dekat rumah dari sampah sehingga aliran air menjadi lancar.Sungai dan selokan adalah tempat aliran air, jangan sampai fungsinya berubah menjadi tempat sampah. Sampah yang di buang ke sungai, lama-kelamaan akan menumpuk dan apabila hujan datang air sungai akan meluap karena alirannya terhambat oleh tumpukan sampah yang sangat banyak dan mengakibatkan banjir.

2. Membuang sampah pada tempatnya.pemerintah daerah harus segera menyediakan tempat-tempat sampah dilokasi publik dan mengangkut sampah tersebut secara berkala. Sehingga masyarakat tidak membuang sampah di sungai.

3. Melakukan penghijauan di lahan-lahan kosong sebagai daerah resapan air.Menanam pohon dan pohon – pohon yang tersisa tidak di tebangi lagi. Pohon adalah salah satu penompang kehidupan di suatu kota. Bayangkan, bila sebuah kota tidak penetralisasi pencemaran udara di siang hari, sebagai pengikat air di saat hujan melalui akar-akarnya. Bila sudah tidak ada  lagi pohon, bisa di bayangkan apa yang akan terjadi bila hujan tiba.

Sumber: http://www.kompasiana.com/marifromadoni


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: