Oleh: M Arif Romadoni | 20/01/2013

Ketua Kwarcab Pramuka Labuhanbatu Buka Outbond Bagi Pramuka Penegak

Teks foto : Ka Kwarcab Gerakan Pramuka Labuhanbatu Suhari Pane SIP memberikan ucapan selamat kepada dua orang perwakilan Pramuka Penegak usai menyematkan tanda peserta.

OUT BOND PRAMUKA 1RANTAUPRAPAT, ML : Ketua Kwartir Cabang (Ka Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Labuhanbatu Suhari Pane SIP membuka kegiatan Outbond bagi Pramuka Penegak yang dilaksanakan di lapangan Diklat BKD, Sabtu (12/1-13). Kegiatan yang bekerja sama dengan My Club Medan itu diikuti sebanyak 250 orang Pramuka Penegak dari 9 Kecamatan di Kabupaten Labuhanbatu.

OUT BOND PRAMUKA 2Suhari Pane yang juga Wakil Bupati Labuhanbatu dalam sambutannya mengingatkan para pelajar di daerah ini khususnya para peserta outbond untuk senantiasa memgikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dikatakannya, teknologi informasi saat ini sudah demikian pesatnya merambah kehidupan kita khususnya para generasi muda.

Saat ini, katanya, teknologi sudah menyusup ke seluruh pelosok daerah. Dengan jaringan internet kita dapat mengikuti kejadian dan perkembangan daerah lain di saat yang bersamaan. “Ini sebenarnya tantangan sekaligus peluang, tergantung bagaimana kita dapat memanfaatkan teknologi itu untuk kepentingan kita sebagai pelajar dan generasi muda”, kata Suhari.

OUT BOND PRAMUKA 3Suhari mengingatkan para peserta outbond dalam melakukan kegiatan berselancar di dunia maya atau kita berada di internet entah itu browsing, download, games online ataupun hanya sekadar bersosialisasi dengan menggunakan facebook, twitter, dan lain sebagainya agar senantiasa menggunakan internet sehat, yakni internet yang bernilai positif mengedepankan norma agama maupun budaya Ketimuran yang menganut sopan santun.

Pada kesempatan itu Suhari mengucapkan terima kasihnya kepada panitia dan para instruktur yang berhasil mengemas acara itu sehingga terselenggara dengan baik. “Semoga acara ini besar manfaatnya bagi seluruh peserta untuk dikembangkan di daerah masing-masing”, harap Suhari.

OUT BOND PRAMUKA 4Lebih jauh Suhari mengatakan, kegiatan outbond ini merupakan salah satu upaya Kwarcab Gerakan Pramuka untuk menyikapi program Bupati Labuhanbatu, yakni meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). “Meningkatnya kualitas SDM Labuhanbatu pasti akan berdampak kepada naiknya kualitas investasi di daerah ini. Potensi investasi di Labuhanbatu terbilang besar, karena itu peningkatan SDM menjadi penting sekarang ini”, jelas Suhari.

Sementara itu Syahrul Camara, salah seorang instruktur dari My Club mengatakan, kegiatan outbond yang dikemas dalam “Integrated In Hous Outbond Training Scout” itu mengajarkan kepada peserta bagaimana hidup secara mandiri dan hidup saling ketergantungan dengan orang lain, bagainana mengemas kreativitas dan membangun karakter.

OUT BOND PRAMUKA 5Dijelaskannya, dalam  5-7 tahun terakhir, outbound training menjadi salah satu primadona training di Indonesia. Banyak sekali manajemen perusahaan yang melirik dan menginvestasikan training karyawannya melalui outbound training atau kegiatan manajemen outbound training. Metode experential learning dalam bentuk outbound training mampu menghadirkan nuansa baru dengan kemasan berbeda dibanding training konvensional selama ini, hanya di dalam kelas, formal dan membosankan (kadang-kadang bikin ngantuk).

Dari kegiatan ini para peserta belajar melalui proses mengalami sendiri (outbound training), berinteraksi secara intens sambil belajar dengan rekan sehari-hari dalam pekerjaan melalui simulasi game outbound yang dilakukan di out door maupun in door.(AR).

Sumber: http://labuhanbatukab.go.id


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: