Oleh: M Arif Romadoni | 27/01/2013

Pemkab Labuhanbatu Telah Penuhi Kebutuhan Sekolah, Guru Dituntut Tingkatkan Kualitas

RANTAUPRAPAT, ML : Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu Drs H Iskandar M Pd mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu telah memenuhi berbagai kebutuhan sekolah, kini giliran guru yang dituntut untuk lebih meningkatkan kualitasnya.

“Berbagai kebutuhan sekolah khususnya fisik telah dibangun dan disediakan Pemerintah khususnya Pemkab Labuhanbatu, kini giliran para guru di daerah ini lebih meningkatkan kualitasnya,” ujar Iskandar saat membuka acara Seminar Pendidikan bertema “Menjadi Guru Yang Hipnotic” yang diselenggarakan Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pemuda, Pelajar dan Mahasiswa (Ipepma) Medan-Labuhanbatu dengan Dinas Pendidikan Labuhanbatu di Gedung Nasional Rantauprapat, Sabtu (19/1).

SEMINAR IPEPMA 2Dalam acara yang dihadiri sekitar 700 orang guru itu, Kepala Dinas Pendidikan menyampaikan, Pemkab Labuhanbatu dibawah kepemimpinan Bupati dr H Tigor Panusunan Siregar SpPD telah, sedang dan terus berupaya melakukan perubahan ke arah yang lebih baik khususnya di sektor pendidikan.

Komitmen untuk pendidikan yang berkualitas di Labuhanbatu menjadi arus utama dan setiap elemen masyarakat daerah ini wajib mendukungnya khususnya kalangan mahasiswa. Mahasiswa diminta untuk menjadi motivator pembangunan khususnya pembangunan dunia pendidikan.

“Kepala Dinas Pendidikan siap mendukung segala upaya pemikiran dan tenaga yang disumbangkan berbagai elemen khususnya mahasiswa untuk meningkatkan kualitas pendidikan Labuhanbatu,” ujar Iskandar.

SEMINAR IPEPMA 3Namun, katanya, ditengah berbagai upaya berat yang dilakukan Pemkab Labuhanbatu khususnya di bidang pendidikan itu jangan malah ditimpali dengan cara mendiskreditkan Pemkab khususnya Kepala Dinas Pendidikan dengan cara melakukan pembunuhan karakter terhadap Kepala Dinas Pendidikan itu sendiri.

“Banyak cara yang dilakukan untuk melakukan pembunuhan karakter terhadap saya, tetapi saya tetap istiqomah untuk terus berpijak kepada cita-cita Pak Tigor yang dengan tulus hendak menjadikan dunia pendidikan Labuhanbatu menjadi yang terbaik di negeri ini khususnya di Sumatera Utara,” urai Iskandar.

Sebagai bukti komitmen kuat terhadap dunia pendidikan itu, tambah Iskandar,  Pemkab terus melaksanakan berbagai pembangunan sarana dan prasarana pendidikan khususnya pembangunan berbagai gedung sekolah dan menyediakan berbagai fasilitas dan alat peraga untuk menjadikan sekolah di Labuhanbatu menjadi sekolah yang modern di tengah keterbatasan anggaran yang ada.

SEMINAR IPEPMA 4Berbagai upaya itu terlihat, misalnya, di Kecamatan Bilah Barat pada tahun 2012 telah dibangun gedung SMA dan pada tahun 2013 ini masih di kecamatan yang sama akan dibangun gedung SMK dengan jurusan Tata Boga di kecamatan tersebut yang lokasinya antara SMK Negeri 2 dengan SMA Plus.

Untuk Kecamatan Pangkatan, tepatnya di Desa Tanjung Harapan, Pemkab Labuhanbatu pada tahun 2013 ini akan membangun gedung SMA. Untuk Kecamatan Bilah Hulu, pada tahun 2013 ini juga akan dibangun gedung SMK negeri.

Sementara diantara Kecamatan Bilah Hilir dan Panai Hulu, pada tahun 2013 ini juga akan dibangun gedung SMK Negeri. Sementara di Talun Manumbuk, Kecamatan Bilah Barat akan dibangun gedung SMP Negeri pada tahun ini juga.

Mengapa Pemkab berkomitmen untuk membangun gedung sekolah di berbagai kecamatan tersebut? Hal itu tidak lain untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan kebutuhan bersekolah para anak-anak didik yang tidak jauh dari tempat mereka tinggal.

Tidak seperti selama ini, masyarakat dari kecamatan yang jauh dari ibukota kabupaten terpaksa menyekolahkan anak-anak mereka ke Rantauprapat sehingga menimbulkan biaya ekonomi tinggi yang memberatkan masyarakat itu sendiri.

“Kini dengan banyaknya pembangunan gedung sekolah di kecamatan-kecamatan yang jauh dari Rantauprapat sebagai ibukota kabupaten, maka akan mendekatkan masyarakat untuk mendapatkan layanan pendidikan yang murah dan berkualitas yang terus diperjuangkan Pemkab Labuhanbatu.

Sebelumnya, Agus Sanjaya dari USAID Prioritas Sumatera Utara dalam sambutannya menyatakan, Kabupaten Labuhanbatu merupakan juara nomor wahid se-Sumatera Utara untuk komitmen kepada pendidikan. Bupati Labuhanbatu dan Kepala Dinas Pendidikan merupakan figur-figur yang sangat peduli terhadap kemajuan dunia pendidikan di daerahnya sesuai dengan program dari USAID. Berbagai sarana dan prasarana telah dipenuhi oleh Pemkab Labuhanbatu, kini tinggal guru lah yeng mengimplementasikan cara mengajar yang menyenangkan di dalam kelas.

“Bangunlah komunikasi yang efektif terhadap anak didik agar transfer ilmu pengetahuan bisa maksimal dan USAID telah bekerja sama dengan Pemkab Labuhanbatu untuk melakukan pendampingan manajemen pendidikan untuk mencapai mutu pendidikan yang lebih baik lagi bagi daerah ini.

Sementara Ketua Yayasan Ipepma Medan Ir Awal Dalimunthe dalam kesempatan itu menyampaikan kegembiraannya yang sangat karena membludaknya peserta seminar. Dia mengatakan, kampanya partai politik saja pun tidak pernah membludak seperti ini dan dia salut dengan kegiatan yang dikerjasamakan DPP Ipepma Medan-Labuhanbatu dengan Dinas Pendidikan tersebut.

Namun, dia juga mengingatkan kepada para mahasiswa khususnya Ipepma baik yang ada di Medan maupun di tempat lainnya, ketika pulang kampung ke Rantauprapat jangan membawa masalah atau persoalan yang membuat tidak kondusifnya suasana daerah. Tetapi bawalah sesuatu yang positif dan bermanfaat bagi daerah ini ketika pulang kampung sehingga bermanfaat untuk Labuhanbatu ke depan.

Dalam acara yang diikuti ratusan tenaga pengajar tingkat SD-SMP dan SMA/SMK, sebagai narasumber adalah Qodrisyah SIP, C. Ht, CI, LM-NLP, pakar pendidikan tingkat nasional.(AR).

Sumber: http://labuhanbatukab.go.id

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: