Oleh: M Arif Romadoni | 27/03/2015

Sosialisasi Program Pendidikan Menengah Beasiswa Berperestasi Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun Akademik 2015/2016

Selasa (17/3) di Hallroom Suzuya Hotel Rantauprapat, sekitar 875 siswa kelas XII SMA/SMK/MA didampingi orang tua masing-masing memadati kegiatan Sosialisasi Program Pendidikan Menengah Beasiswa Berperestasi Masuk Perguruan Tinggi Negri Tahun Akademik 2015/2016 bagi siswa/i SMA/SMK/MA Negri Swasta Kabupaten Labuhan Batu Tahun 2015, yang juga dihadiri oleh Kadisdik Labuhanbatu, Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu dan Kepala SKPD lainnya.

Mewakili orang tua siswa, Drs. Kader Wahyu menyampaikan rasa salut dan bangga kepada Pak Tigor atas program beasiswa yang berkelanjutan dan memasuki tahun ketiga, ini sangat luar biasa, dapat memberi motivasi yang diberikan PEMKAB Labuhanbatu kepada orang tua dan siswa, Kader Wahyu mengahjak agar para orang tua siswa menjaga program ini dengan baik agar tetap berkelanjutan dan para orang tua hendaknya menghanturkan terimah kasih karena merasa terbantu dari segi ekonomi.

Lanjutnya lagi, sosialisasi program Beasiswa ini sangat baik dan sangat tepat dan sebelumnya ada beberapa bulan yang lalu, para orang tua siswa yang mendapat Beasiswa ada rencana membuat suatu ikatan orang tua penerima Beasiswa, ikatan ini antara lain bertujuan agar para orang tua benar-benar menjaga apa yang telah diberikan dan diprogramkan oleh Bupati Labuhanbatu dan ikatan ini dapat bekerja untuk memberikan informasi kepada masyarakat betapa pentingnya Besiswa ini.

Bupati Labuhanbatu dr. H. Tigor Panusunan Siregar, Sp.PD, dalam kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada orang tua siswa yang telah hadir dalam acara Sosialisasi Beasiswa ditahun ketiga ini. Dalam sosialisasi beasiswa ketiga ini beliau memberikan gambaran kepada orang tua bahwa siswa kelas XII tahun ini akan menghadapi UN (Ujian Nasional) pada tanggal 13 s/d 15 April 2015, setelah UN mereka akan mendaftar di Perguruan Tinggi Negrei dengan penuh persaingan.

Hendaknya mereka diberi motivasi agar lebih giat belajar sehingga lulus Ujian Nasional, syukur kita kalau mereka bisa masuk Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur Undangan dan melalui ujian bersama, untuk itu Tigor meminta kepada para siswa supaya mempersiapkan diri untuk mengikuti UN, kalau lulus UN maka anak-anak akan bisa lulus dan masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Lebih lanjut Tigor menyatakan, bahwa saat ini para siswa semua masih dibimbing oleh guru, kalau sudah menjadi mahasiswa nanti kita lepas dan belajar sendiri, karena 80 persen ilmu itu dicari sendiri sedangkan 20 persen lagi dari Dosen yang member kuliah didepan kelas, mulai sekarang bangunlah kemampuan kalian, belajar sungguh-sungguh, capailah cita-cita, kalian pasti bisa, kalau orang tua itu hanya mensuport dan jangan kalian sia-siakan keinginan orang tua tua karena kalian calon pengganti mereka kelak, mudah-mudahan bisa lebih baik dari para orang tua kalian nanti.

Sementara, KABAG KESRA dalam laporannya menjelaskan, bahwa tujuan sosialisasi ini adalah memperluas informasi pendidikan menengah khususnya bagi siswa yang duduk dikelas XII yang akan melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri Tahun Akademik 2015. Sedangkan manfaatnya agar orang tua dan siswa dapat mengetahui adanya pemberian beasiswa yang lulus keperguruan tinggi negeri tahun Akademik 2015 melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, kemudian agar orang tua dan siswa dapat mengetahui syarat-syarat siswa yang boleh menerima beasiswa prestasi, selanjutnya memotivasi siswa agar lebih giat belajar dalam menghadapi ujian masuk keperguruan tinggi negri.

Beliau juga menginformasikan bahwa tahun Akademik Sosialisasi Beasiswa 2013 dan 2014 yang masuk keperguruan tinggi negeri jalur SNMPTN dan SBMPTN sebanyak 1.081 orang yang terbesar di 46 perguruan tinggi negeri diseluruh wilayah Indonesia. Untuk tahun Akademik 2015 diprogramkan yang masuk diperguruan tinggi negeri jalur SNMPTN dan SBMPTN sebanyak 700 orang.

Sosialisasi Beasiswa ini ditutup dengan sosialisasi tentang Bahaya Narkoba bagi pelajar dengan narasumber KALAPAS Rantauprapat Surung Pasaribu.

Sumber: http://disdik.labuhanbatukab.go.id

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: